Ratusan Guru Dites Urine

Ratusan Guru Dites Urine

\"tes TALO, BE - Ratusan guru PNS di Kabupaten Seluma dites urine. Tahap awal, tim kesehatan Pemkab Seluma, bersama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bengkulu, sudah mengetes urine 850 orang guru yang berada di bawah Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Seluma di Kecamatan Talo, serta UPTD Kecamatan Semidang Alas (SA) diperiksa oleh tim kesehatan.

\"Dari pemeriksaan tersebut 3 guru tidak mengikuti pemeriksaan urine mereka dengan alasan sakit. Namun demikian, mereka yang tidakikut ini tetap akan didatangi untuk memeriksa urine mereka,\" tegas Kadis Dikbud Seluma, Muksir Ibrahim SPd, kepada wartawan, kemarin.

Pemeriksaan urine seluruh guru ini diawali dengan apel akbar di dua UPTD kemarin pagi. Kemudian langsung dilakukan pemeriksaan oleh tim dari Pemkab Seluma.

Sementara Rabu besok, urine sekitar 900 orang tenaga guru dari UPTD Sukaraja dan UPTD Seluma yang akan diperiksa. Pemeriksaan urine ini untuk mengetahui apakah ada tenaga guru yang menggunakan narkoba atau tidak.

Untuk guru dari dua UPTD Talo dan SA yang belum datang, diharuskan datang pada pemeriksaan urine lanjutan saat dilaksanakan di UPTD Sukaraja dan Seluma. Lebih lanjut, Kadispendikbud Seluma mengatakan, bagi guru yang positif menggunakan narkoba maka akan diserahkan ke Pemkab Seluma. Kemudian diserahkan kepada penegak hukum.

Setelah ada keputusan hukum dan terbukti bersalah, maka Dispendikbud Seluma akan mengusulkan pemecatan. Karena guru yang bersangkutan sudah dipastikan tidak bisa menjalankan tugasnya. \"Sejauh ini belum ada yang terindikasi pengguna narkoba di kabupaten seluma. Namun kemudian hari memang ada maka kita serahkan penegak hukum pastinya,\" ujarnya.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: